Rumah Cantik

Membuat rumah cantik minimalis dengan harga yang minimal

Kayu Meranti Tanpa Dokumen Lengkap Diamankan Polisi

Polres Kapuas Hulu meredam lima buah truk bermuatan 2.635 kayu olahan type Meranti. Kayu punya JS (37) itu diangkut tiada dokumen yang resmi, serta akan dibawa ke Pontianak yang setelah itu akan di kirim ke pulau Jawa untuk bahan baku furniture.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi SIK MH menjelaskan, penangkapan kayu itu bermula pada tanggal 28 Februari 2018, jam 00.01 WIB, bermula dari pekerjaan penyelidik beberapa barang ilegal di kecamatan Putussibau Selatan. Penyelidik lalu merasakan lima truck bermuatan kayu, lalu di stop serta petugas bertanya dokumen angkutnya.

baca juga: harga lantai kayu

“JS yang mempunyai kayu tersebutpun tunjukkan dokumen yang tidak resmi,” tutur Kapolres, Kamis (1/3).

Untuk pastikan selanjutnya berkaitan dokumen angkut kayu itu, Kapolres menjelaskan pihaknya akan lakukan penyelidikan selanjutnya. Saksi pakar akan dihadirkan untuk mengecek keabsahan dokumen itu.

“Kita perlu info saksi pakar berkaitan dokumen ini, sesaat untuk kehutanan instansinya tidak berada di Kapuas Hulu kembali, telah di Propinsi Kalimantan barat. Mungkin kelak kita meminta dari sana untuk saksi ahlinya,” katanya.

baca juga: harga cat kayu dan besi

Berkaitan darimana sumber kayu meranti itu, Kapolres menjelaskan, itu akan disusuri lebih jauh. Karena butuh diyakinkan apa kayu itu datang dari lokasi rimba ataulah bukan.

“Dari info JS, kayu itu dibelinya dari masyarakat di Seluan kecamatan Putussibau Utara. Kayu itu akan dibawa ke Pontianak untuk setelah itu di kirim ke Jawa, untuk bahan baku furniture. JS ini beli dari masyarakat di jalan Lintas Utara, telah dibayar Rp80 juta-an,” tuturnya.

baca juga: harga triplek

Dalam masalah ini JS diancam masalah 12 huruf e Jo Masalah 83 ayat 1 huruf b atau Masalah 16 Jo Masalah 88 ayat 1 huruf a Undang-undang Nomer 18 tahun 2013 mengenai mencegah serta pemberantasan perusakan rimba. Acaman pidana 1 sampai 5 tahun serta denda dari Rp 500 juta sampai Rp2,5 Miliar.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Kayu Meranti Tanpa Dokumen Lengkap Diamankan Polisi
      Komentar(0)